Klasifikasi Anak Tunagrahita dari sudut pandang klinis

Dibawah ini memandang anak tunagrahita dari tipe klinis. Kelompok tipe klinis diantaranya :
1. Down syndrome, raut muka seperti orang mongol dengan ciri : mata sipit dan miring, lidah tebal dan terbelah-belah & menjulur keluar, telinga kecil, tangan kering, semakin dewasa kulitnya semakin kasar, pipi bulat, bibir tebal dan besar, tangan bulat dan lemah, kecil, tulang tengkorak dari muka hingga belakang tampak pendek.
2. Kretin, nampak seperti orang cebol dengan ciri fisik : badan pendek, kaki & tangan pendek, kulit kering, kuku pendek & tebal.
3. Hydrocephalus, gejalanya adl semakin membesarnya Cranium yang disebabkan oleh semakin bertambahnya atau bertimbunnya cairan cerebro-spinal pada kepala. Cairan ini memberi tekanan pada otak besar yang menyebabkan kemunduran fungsi otak.
4. Microcephalus adl bentuk ukuran kepala yang kecil, Macrocephalus adalah bentuk ukuran kepala lebih besar dari ukuran normal, Brachicephalus adalah bentuk ukuran kepala yang melebar, Schapocephalus adalah anak yang memiliki ukuran kepala yang panjang sehingga menyerupai menara.
5. Cerebral palsy adalah kelumpuhan pada otak yang mengganngu fungsi kecerdasan, disamping juga berkemungkinan mengganggu pusat koordinasi gerak.

Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s