Apa Saja Kebutuhan Anak Usia Dini ?

Untuk membentuk generasi terbaik, kebutuhan anak usia dini harus terpenuhi. Anak usia dini adalah anak dengan usia 0-6 tahun. Beberapa orang menyebut fase atau masa ini sebagai golden age karena masa ini sangat menentukan seperti apa mereka kelak jika dewasa baik dari segi fisik, mental maupun kecerdasan. Tentu saja ada banyak faktor yang akan sangat mempengaruhi dalam perjalanan mereka menuju kedewasaan, tetapi apa yang mereka dapat dan apa yang diajarkan pada mereka pada usia dini akan tetap membekas dan bahkan memiliki pengaruh yang dominan dalam menentukan setiap pilihan dan langkah hidup mereka.

Ada tiga kebutuhan mendasar bagi seorang anak pada usia dininya, yaitu :
1. Nutrisi
a. nutrisi saat hamil Sejak seorang ibu mengetahui dirinya hamil, dia harus memotivasi dirinya untuk memberikan gizi terbaik pada janinnya. Dengan makan makanan bergizi tinggi dan menghindari hal-hal yang dapat merugikan perkembangan janinnya.
b. ASI ekslusif di awal kehidupan bayi Pemberian ASI ekslusif adalah tonggak pertama untuk membentuk generasi yang sehat dan cerdas. Sangat disarankan untuk tidak memberikan makanan atau minuman selain ASI (termasuk susu formula), karena bayi hanya mebutuhkan ASI di masa 6 bulan pertama kehidupannya.
c. Makanan Pendamping ASI yang tepat Pengenalan makanan semi padat pertama pada anak bisa dimulai setelah anak berusia 6 bulan. Sebaiknya mulai dikenalkan makanan yang mengandung karbohidrat yang dihaluskan dan dicampur dengan ASI.
d. Pemberian gizi yang seimbang pada anak usia batita dan balita Pada masa batita dan balita, seorang anak sudah makan makanan keluarga yang dikenalkan sejak usia 1 thn. Gizi seimbang harus diperhatikan dan kalo bisa hindarkan dari pemakaian penyedap rasa.

2. Stimulasi
Stimulasi sangat penting untuk tumbuh kembangnya anak. Stimulasi bisa dimulai sejak anak dalam kandungan dengan memperdengarkan hal- hal yang positif, membacakan buku, menceritakan kejadian sehari-hari pada janin. Menginjak kelahirannya, permainan secara fisik dapat menstimulasi bayi, baik menstimulasi pendengaran dengan mengajaknya membaca buku, bernyanyi, bunyi- bunyian. Menstimulasi penglihatan dengan memperlihatkan warna-warna cerah. Termasuk bermain, bermain adalah hak anak untuk lebih meningkatkan kecerdasannya. Dengan bermain, banyak hal yang bisa dicapai pada anak usia dini, dan jangan pernah menganggap bermain adalah hal yang tidak penting.

3. Kasih Sayang,
Kasih sayang adalah hal sangat mutlak yang harus diberikan pada anak. Otak anak memiliki 100 milyar sel, dengan kasih sayang dan stimulasi yang tepat sel- sel tersebut akan saling bersambungan. Marilah kita limpahi anak-anak kita dengan kasih sayang dan bukan dengan kemanjaan.

Semoga bermanfaat.

Dedicated to Ms Safnina Sukma http://www.facebook.com/safninasukma

About these ads

2 thoughts on “Apa Saja Kebutuhan Anak Usia Dini ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s